Ini Dia Ciri-Ciri RAM Komputer Rusak

Tidak sedikit pengguna komputer yang tidak menyadari kapan RAM mengalami kerusakan. Meskipun komponen yang satu ini tergolong minim sekali mengalami gerak karena terkunci pada satu slot saja. Namun, jika dilihat dari faktor usia maka hal ini bisa terjadi. Padahal, ciri dari RAM komputer yang mengalami kerusakan tidaklah sulit dan Anda bisa melihat tanda yang diberikan.

Penyebab Ram Komputer Rusak

Salah satu faktor yang membuat RAM pada komputer mengalami kerusakan adalah masa pemakaian yang sudah lama. Namun, ada beberapa faktor lainnya yang tidak bisa dianggap sepele seperti :

Tegangan Listrik Rumah yang Naik Turun

Tegangan listrik yang ada dirumah memang kerap mengalami naik turun. Nah, hal ini bisa menjadi faktor yang membuat RAM mengalami kerusakan. Bahkan, jika kondisinya cukup parah maka Power Supply pun bisa mengalami kerusakan juga.

Terjadi Konslet

Faktor kedua yang bisa membuat RAM rusak adalah adanya listrik statis sehingga terjadi konslet.

Daya tahan RAM yang tidak mampu menahan panas

Memang, tiidak bisa dipungkiri bahwa cukup banyak merek RAM yang ditawarkan dipasaran. Tentu, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Namun, sebaiknya Anda benar benar memperhatikan material yang digunakan apakah mampu menahan panas atau tidak. Dengan demikian, selama proses berjalan maka RAM bisa bertahan cukup lama.

Tindakan OverClocking

Adapun tindakan yang satu ini bisa menjadi penyebab RAM mengalami kerusakan. Bahkan, jika begitu parah bisa membuat komponen yang ada pada motherboard mengalami kerusakan.

Mengalami cacat produksi

Tidak semua produk dari pabrik lulus quality control sehingga yang namanya kecacatan sudah pasti ada. Untuk itu, jika menemukan casing atau barang elektronik yang mengalami masalah sebaiknya diganti dengan yang lebih baik lagi.

Ciri dan Tanda Ram Komputer Rusak

Untuk mendeteksi apakah RAM komputer mengalami kerusakan bisa dilihat dari beberapa tanda. Apa saja itu?

Komputer Mendadak Mati

Saat bekerja menggunakan komputer dan komputer mendadak mati maka ada 2 kemungkinan. Yaitu, RAM mengalami kerusakan atau kerusakan di Power Supply.

Komputer Ter- Restart Sendiri

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, maka komputer yang sering merestart sendiri bisa disimpulkan mengalami masalah pada RAM.

RAM tidak Terdeteksi

Salah satu ciri jika RAM rusak adalah tidak mampu dideteksi. Atau, jumlah yang tertera pada komputer tidak sesuai.

RAM tidak Terdeteksi pada Bios

Saat RAM tidak terlihat pada Bios saat komputer dihidupkan maka besar kemungkinan RAM akan rusak. Bisa juga slotnya pun bermasalah

Eror Saat Menginstall Software

RAM berfungsi untuk menyimpan segala data saat menginstal komputer. Namun, jika sering mengalami error saat menginstal software maka bisa jadi RAM pada komputer mengalami kerusakan.

Layar Blank Hitam

Jika tanda ini terjadi saat komputer dihidupkan dan layar monitor berwana gelap atau blank hitam maka besar kemungkinan yang rusak adalah RAMnya dan bukan VGA.

Terjadi Blue Screen

Blue Screen selalu terjadi jika misalnya muncul tanda kerusakan pada hardware yang berfungsi sebagai memori. Akan tetapi, kondisi ini bisa berakibat apakah RAM mengalami kerusakan atau Hard Disk. Namun, sebagian besar penyebab terjadinya Bluie Screen biasanya dikarenakan RAM mengalami kerusakan.

Ada Bunyi “Beep” panjang

Jika sudah ada muncul bunyi “Beep” yang cukup panjang saat komputer dihidupkan dan di layar komputer tidak ada proses loading. Maka sebaiknya lakukan pengecekan pada RAM apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *